Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Kasus Rafael Alun Tak Ganggu Pembayaran Pajak


Jakarta: Survei Indikator Politik Indonesia mencatat publik masih membayar pajak dan tak terdampak kasus mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo (RAT). DJP juga masih dipercaya publik.

"Di antara yang tahu kasus, mayoritas tetap percaya DJP dalam mengelola hasil pajak, dan mayoritas juga percaya untuk tetap membayar kewajiban pajak, tapi ada gap yang cukup besar, sekitar 20 persen," kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis survei bertajuk 'Evaluasi Publik Atas Kinerja Lembaga-lembaga Penegak Hukum dan Perpajakan', Minggu, 2 Juli 2023.


Total 65,8 persen responden yang masih percaya untuk membayar pajak. Sementara itu, yang tak percaya mencapai 33,9 persen. Responden tak menjawab 2,3 persen.

Sebanyak 83,7 persen responden masih mempercayai DJP dan 15,2 persen tidak percaya. Sedangkan, 1,1 persen tak menjawab.

"Institusi DJP mulai ada perbaikan tapi masih cukup besar segmen masyarakat yang belum sepenuhnya percaya untuk membayar pajak akibat kasus RAT," ujar Burhanuddin.

Responden juga menilai sejumlah hal yang dapat dilakukan DJP untuk memulihkan kepercayaan publik. Antara lain, memberikan hukuman yang lebih berat terhadap pegawai pajak yang terbukti korupsi sebanyak 33 persen dan meminta pertanggungjawaban pegawai pajak yang kekayaannya melampaui kewajaran dan memecat mereka yang tidak bisa mempertanggung jawabkannya sebanyak 29 persen.

"Transparansi tentang penggunaan anggaran oleh DJP sejumlah 11,3 persen; menghukum mati pejabat tinggi yang terbukti korupsi 10,8 persen; mensosialisasikan tentang manfaat pajak pada masyarakat lebih luas 5,1 persen, lainnya 0,3 persen, dan tak menjawab 10,5 persen," kata Burhanuddin.

Survei Indikator Politik tersebut dilakukan pada 20-24 Juni 2023. Total responden mencapai 1.220 orang yang dipilih melalui metode multistage random sampling.

Metode survei menggunakan wawancara tatap muka dengan pewawancara. Margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

https://www.metrotvnews.com/read/KdZ...mbayaran-pajak

Mantap tenan, iki warga Indonesia taat pajak yo
Diubah oleh rakitpcmending 05-07-2023 06:06
bukan.bomat
dragunov762mm
dragunov762mm dan bukan.bomat memberi reputasi
2
390
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan