Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tempat Bersejarah, Ini Dia 5 Makanan Khas Ende yang Wajib Dicoba! [Kompetisi KGPT]


Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, menjadi salah satu daerah yang sangat erat dengan kisah sejarah pengasingan Ir Soekarno oleh pemerintah Belanda di tahun 1934.

Menjadi salah satu tempat bersejarah, di Ende Flores Ir Soekarno memiliki pemikiran terkait dasar negara Indonesia di masa depan yaitu Pancasila. Mendapatkan inspirasi dari 5 cabang pohon sukun, munculah ide Pancasila sebagai dasar negara.

Membahas tentang Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, tentu tidak afdol jika Agan Sista tidak mengenal tentang beberapa jenis makanan khasnya. Berikut ini beberapa makanan khas Ende yang perlu Agan Sista ketahui.

Sobat Kaskuser, jika kamu berkunjung ke daerah Ende di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khasnya yang menggugah selera. Berikut ini adalah 5 Makanan Khas Ende yang wajib banget Agan dan Sista coba saat berada di sana.



Pertama, kita punya keripik ubi nuabosi. Nah, keripik ini tuh dibuat dari ubi nuabosi yang hanya bisa ditemukan di Ende. Rasanya yang gurih dan nikmat, jadi cocok banget untuk teman perjalanan dan cemilan saat travelingmu. Jangan lupa bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga, pasti mereka akan senang banget.

Selanjutnya ada Uwi Ai Ndota, hidangan khas Ende yang terbuat dari ubi kayu khas Ende atau ubi nuabosi. Makanan ini mengandung banyak karbohidrat, jadi pas banget untuk mengisi perutmu yang lapar setelah berkeliling.

Kamu juga harus mencoba Nako Biau, yang merupakan kue kering khas Ende. Kue ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Rasanya manis dan renyah, bikin kamu nggak bisa berhenti mengunyahnya. Cobain deh, pasti nagih!

Jangan lupa juga mencicipi Nyangkosu, sup khas Ende yang berisi ikan laut segar. Sup ini punya rasa yang kaya, segar, dan lezat. Apalagi disantap hangat-hangat, pasti bikin kamu merasa nyaman.

Terakhir, kamu harus mencoba Pica Serang yang merupakan olahan ikan laut khas Ende. Ikan laut segar dipotong kecil-kecil, kemudian ditambahkan bumbu rempah khas Ende dan dibakar hingga matang sempurna. Rasanya yang gurih dan pedas bikin lidah bergoyang. Asyik banget, kan?




Itulah 5 Makanan Khas Ende yang wajib dicoba saat kamu berkunjung ke sana. Jangan sampai lewatkan kesempatan untuk merasakan kelezatan kuliner lokal yang satu ini. Pasti kamu bakal kangen setelah mencicipinya. Yuk, langsung merapat ke Ende dan nikmati keunikan kuliner mereka!


Penulis: @masnukho 

Narasi

KGPT dan ulasan pribadi

Sumber gambar

1,2,3

Referensi


agamnaufal
lutfigilang01
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.1K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan