Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Polisi Uganda Gagalkan Upaya Serangan Bom di Gereja-gereja Butambala


Kampala -
Polisi Uganda menggagalkan serangan bom terhadap gereja-gereja di Butambala, sekitar 50 kilometer (31 mil) dari ibu kota Kampal. Pengeboman itu rencananya akan dilakukan kelompok pemberontak Pasukan Demokratik Sekutu (ADF) pada Minggu (15/10).
"ADF membuat dua bom, yang rencananya mereka tanam di gereja-gereja di Kibibi, Butambala," tulis Presiden Yoweri Museveni di akun X, sebelumnya Twitter, seperti dilansir AFP, Senin (16/10/2023).
"Namun perangkat tersebut dilaporkan ke polisi dan dijinakkan," tambahnya. 


Untuk diketahui, kelompok ADF telah berjanji setia kepada kelompok ISIS.
Sebelumnya pada Minggu, Museveni yang telah memerintah negara itu sejak 1986, mengatakan pasukan Uganda telah melakukan serangan udara terhadap posisi ADF di negara tetangga, Republik Demokratik Kongo.
"Tampaknya cukup banyak teroris yang terbunuh," kata Presiden Museveni pada X, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.
Museveni mengatakan kelompok ADF dapat berupaya melakukan sejumlah aksi teror secara acak di Uganda setelah serangan udara tersebut. Ia pun memperingatkan pasukan keamanannya untuk waspada.
Pada September lalu, polisi Uganda juga telah menggagalkan serangan bom lainnya di Katedral Kampala. Seorang pria ditangkap karena dicurigai mencoba mengaktifkan alat peledak di antara jamaah. 


Pada Juni, anggota milisi ADF membunuh 42 orang termasuk 37 siswa di sebuah sekolah menengah atas di Uganda bagian barat dekat perbatasan dengan Republik Demokratik Kongo. Ini adalah salah satu serangan paling mematikan di Uganda sejak serangan ganda di Kampala tahun 2010 yang menewaskan 76 orang dalam serangan yang diklaim dilakukan oleh kelompok Islam al-Shabaab yang berbasis di Somalia.

Dalam laporan terbarunya pada bulan Juni, panel ahli PBB di Kongo mengonfirmasi bahwa ISIS telah memberikan dukungan finansial kepada ADF setidaknya sejak tahun 2019. 

sumber
reaper_k1d
indrastrid
screamo37
screamo37 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
375
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan