Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Jokowi Bertemu PM Jepang, Bahas Pembangunan MRT Jakarta Balaraja-Cikarang


Shafira Cendra Arini - detikFinance
Minggu, 17 Des 2023 12:30 WIB

MRT Jakarta - Foto: Karin Nur Secha/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida pada Sabtu (16/12/2023). Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut ialah dalam pembangunan MRT Jakarta jalur Timur-Barat.
MRT Timur-Barat (East-West) ini akan menghubungkan Balaraja ke Cikarang, terbentang dari Tangerang, Jakarta, hingga Bekasi. Jokowi menyampaikan apresiasi atas komitmen Jepang dalam pembangunan jalur Timur-Barat dan berharap pembangunan fase selanjutnya dapat diselesaikan sesuai rencana.

"Saya berharap pembangunan jalur utara-selatan fase 2A dan 2B dapat selesai tepat waktu," ujar Jokowi, dalam keterangan tertulis, Minggu (17/12/2023).

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang transisi energi. Indonesia sebagai co-initiator Asia Zero Emission Community (AZEC) menekankan pentingnya kerja sama dekarbonisasi pendanaan yang inklusif dan transfer teknologi rendah karbon.

Selain itu, AZEC juga harus memastikan tindak lanjut 12 MoU yang ditandatangani beberapa waktu lalu saat pertemuan tingkat menteri AZEC.

"Dan mohon dukungan percepatan tiga proyek prioritas, pembangkit listrik geotermal di Muara Laboh, waste to energy di Legok Nangka, dan pengelolaan lahan gambut di Kalteng," ujarnya.

Berikutnya, kedua pemimpin negara turut membahas kerja sama di bidang mineral kritis serta maritim. Jokowi berharap, Jepang dapat mendukung kemajuan hilirisasi industri mineral Indonesia dan kontribusi Indonesia sebagai bagian penting rantai pasok baterai kendaraan listrik (EV) dunia.

"Saya harapkan dukungan yang lebih besar bagi pembangunan ekonomi pulau terluar Indonesia, termasuk pengembangan industri perikanan serta hibah kapal patroli dan ikan," kata Jokowi.

Terakhir, keduanya membahas terkait isu Palestina. Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk terus mengupayakan gencatan senjata permanen, merancang bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan, dan mendorong dimulainya proses damai untuk mencapai penyelesaian dua negara secepatnya.

"Dan dukungan Jepang sangat diharapkan," pungkasnya.
 https://finance.detik.com/infrastruktur/d-7094212/jokowi-dan-pm-jepang-bahas-pembangunan-mrt-jalur-utara-selatan.

Semoga Tangerang cepat dapat MRT. Baru ada KRL di Tangerang Kota-Duri, Parung Panjang-Serpong-Tanah Abang, sama Transjakarta arah Poris, Serpong, dan Cieldug.
Kasihan pas bangun LRT Tangerang nggak masuk area pembangunan
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
273
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan