Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Daftar Kota dan Kabupaten 'Dikuasai Keluarga', Politik Dinasti Tumbuh Subur



Isu politik dinasti semakin mencuat dalam pemberitaan, terutama karena pada kenyataannya, sejumlah kepala daerah di Indonesia masih memiliki keterkaitan kekerabatan dengan figur sebelumnya. Ada beberapa daerah, baik provinsi, kota atau kabupaten di Indonesia di mana kepala daerahnya secara bergantian diisi oleh anggota keluarga.

Berbagai daerah tersebut dapat diidentifikasi melalui informasi selengkapnya yang terdapat dalam artikel ini. Walaupun kemungkinan beberapa di antaranya kini tidak lagi dipegang oleh kerabat dari penguasa sebelumnya, namun pada suatu waktu, kota dan kabupaten-kabupaten tersebut pernah dipimpin oleh individu yang memiliki hubungan keluarga atau kekerabatan.

Kota Tangerang dan Kabupaten Serang

Kota Tangerang dan Kabupaten Serang pernah dipimpin oleh orang-orang yang masih satu keluarga. Pada periode 2011 hingga 2016, Kota Tangerang dipimpin oleh Airin Rachmi Diany, dan Kabupaten Serang dipimpin oleh Ratu Tatu Chasanah di tahun 2010 hingga 2015 sebagai Wakil Bupatinya.

Keduanya masih saudara dari Ratu Atut Chosiyah, yang menjabat sebagai Gubernur Banten dari Partai Golongan Karya. Hubungan kekerabatannya mertua dari Airin Rachmi Diany, dan kakak dari Wakil Bupati Kabupaten Serang.

Kekayaan Airin Rachmi Diany sendiri tercatat sebesar Rp24,4 M, sedangkan Ratu Tatu Chasanah adalah Rp46,3 M.


Kabupaten Gowa

Jabatan Bupati Gowa periode 2005 hingga 2015 diisi oleh Ichsan Yasin Limpo, yang diusung Partai Golkar. Tentu nama ini tidak terasa asing, karena Syahrul Yasin Limpo pernah menjabat Gubernur Sulawesi Selatan pada 2007 hingga 2017, dan Ichsan adalah kakaknya.

Tidak hanya itu, kerabat mereka pernah dimajukan sebagai Bupati Gowa, yakni Tenri Olle Yasin Limpo dan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo. Harta kekayaan Ichsan Yasin Limpo tercatat di LHKPN 2018 adalah lebih dari Rp20 M.

Kabupaten Minahasa

Ivan Sarundajang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Minahasa periode 2013 hingga 2018 lalu. Namanya sendiri ternyata tercatat sebagai anak dari Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang. Kekayaan Ivan Sarundajang pernah tercatat di angka Rp14,44 M.


Kabupaten Lampung Selatan


Pernah dikepalai oleh Rycko Menoza, ia merupakan anak dari Gubernur Lampung, Sjachroedin Z.P. yang diusung oleh Partai PDI Perjuangan. Kekayaannya tercatat sebesar hamir Rp51 M, dan US$20,000.

Kabupaten Muaro Jambi

Wakil bupatinya adalah Kemas Muhammad, yang merupakan menantu dari Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin. Kemas Muhammad sendiri menjabat sebagai Wakil Bupati Muaro Jambi pada tahun 2013 hingga 2018 lalu.

Kabupaten Indramayu

Nama Anna Sophanah tercatat pernah menjadi Bupati Indramayu pada periode 2010 hingga 2015 lalu. Ia adalah istri dari Irianto M.S. Syaifuddin, yang merupakan Bupati Indramayu periode sebelumnya. Anna Sophanah dilaporkan memiliki kekayaan sebesar Rp8,6 M.

Kabupaten Bangkalan

Pada periode 2013 hingga 2018, pejabat Bupati Bangkalan adalah Makmun Ibnu Fuad. Ia merupakan anak dari Bupati Bangkalan periode sebelumnya, yang bernama Fuad Amin.

Selain daftar di atas, masih ada beberapa daerah yang terindikasi melanggengkan politik dinasti selama bertahun-tahun seperti Klaten, Sleman dan daerah-daerah lain.

https://amp.suara.com/bisnis/2023/12...i-tumbuh-subur

Kearifan lokal yg patut dilestarikan, karena dapat memajukan suatu daerah contohnya banten dan solo maju pesat maka daerah lain harus menteladani
0
542
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan