Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

septi08Avatar border
TS
septi08
Kok Prabowo Terlibat di Proyek Tanggul Laut Raksasa? Ini Kata Anak Buah Airlangga
akarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terlibat dalam proyek pembangunan Tanggul Laut Raksasa atau Giant Sea Wall di Pantai Utara (Pantura) Jawa. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan, apalagi mengingat keterlibatannya dilakukan baru beberapa waktu ke belakang.
Deputi VI Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan, proyek Giant Sea Wall ini memiliki relevansi dengan isu pertahanan sehingga memiliki keterkaitan dengan tugas Menteri Pertahanan.

"Kan ada isu pertahanan, misalnya ya kalau kita bikin bandara, bandara kan untuk pertahanan juga bisa dipakai, dan pertahanan itu kan, jangan mikirnya pertahanan itu saja. Kan ada juga pertahanan ekonomi yang harus dipikirkan," katanya, ditemui di Grand Ballroom, Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (10/1/2024) kemarin.

Selain itu, Wahyu berpandangan kalau Prabowo sudah mulai melihat bahwa pembangunan tanggul ini adalah isu nasional. Apalagi dengan melihat kontribusi kawasan Pantura mencapai 20% dari PDB Indonesia dan kondisi kehidupan masyarakat yang tinggal di kawasan itu sendiri.

"Beliau harusnya juga mulai memikirkan. Beliau juga tertarik memikirkan supaya Indonesia Emas 2045. Beliau sebagai pemimpin juga merasa bahwa saya harus ikut terlibat dong. Beliau tadi sampaikan, nggak usah sebagai Menhan, beliau kan juga punya posisi kedudukan politik. Dia juga punya tanggung jawab," ujarnya.

"Dari sisi itu, dia tadi sampaikan contohnya masyarakat Pantura hidupnya tidak layak. Ya dia sebagai orangtua sebagai pemimpin politik kan punya juga tanggung jawab moral," tambahnya.

Sebelumnya, Prabowo sempat menceritakan latar belakangnya terpanggil untuk terjun ke proyek ini. Ia mengaku telah beberapa kali mengunjungi kawasan Pantura dan melihat langsung bagaimana kehidupan masyarakat di sana.

"Beberapa tahun saya kunjungi. Bukan kapasitas saya sebagai Menteri Pertahanan, terus terang saja. Tapi kapasitas saya sebagai pimpinan politik," kataya, dalam sambutannya di acara Seminar Nasional Giant Sea Wall di Grand Ballroom, Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Dia mengatakan, melalui kunjungannya dalam masa kampanyenya, ia melihat kehidupan masyarakat di sana memprihatinkan. Kondisi ini bahkan telah dilihatnya sejak 2014.

"Saya pernah kampanye dan kunjungi daerah di situ, dari 2014 sampai sekarang saya melihat keluarga itu yang hidup di ruangan tidur dan makannya itu air setinggi lutut. Anak mereka hidup di tengah air seperti itu, di tengah lalat, nyamuk, dan sampah," ujarnya.

Melihat kondisi ini, akhirnya ia pun meminta Universitas Pertahanan untuk melakukan kajian. Dari sana lah, ia memutuskan untuk mengangkat gagasan Giant Sea Wall sebagai salah satu fokusnya.

"Bahwa jawaban yang sesungguhnya adalah konsep Giant Sea Wall. Maka demikian, saya ajak rekan-rekan saya dalam kabinet Indonesia Maju, Menko Perekonomian terutama, Menteri BUMN dan beberapa pemimpin lain dan kita sepakat kita mengangkat kembali gagasan Giant Sea Wall ini menjadi fokus perhatian," kata Prabowo.

"Sesungguhnya ini (Giant Sea Wall) sudah dibahas beberapa belas tahun lalu. Dan kita terima kasih juga kepada kementerian dan lembaga yang selama ini meneruskan pengkajian tentang gagasan besar Giant Sea Wall ini," sambungnya.

Baca artikel detikfinance, "Kok Prabowo Terlibat di Proyek Tanggul Laut Raksasa? Ini Kata Anak Buah Airlangga" selengkapnya https://finance.detik.com/infrastruk...uah-airlangga.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Proyek besar tentu si wowo mau diajak walaupun bukan urusan kemenhan.., food estate saja ikut walaupun urusan pertanian, dan akhirnya gagal emoticon-Wkwkwk
valkyr11
valkyr11 memberi reputasi
1
287
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan