ahmadmikail10Avatar border
TS
ahmadmikail10
Sosok ‘Orang Toxic’ Jangan Masuk Kabinet, Pesan Luhut Binsar Pandjaitan ke Prabowo
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, memberikan pesan kepada Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, untuk berhati-hati dalam memilih anggota kabinetnya nanti, agar tidak menghadirkan orang-orang dengan reputasi ‘toxic’.

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, menyetujui pernyataan tersebut.

“Nasehat Pak Luhut bagus. Saya pikir itu aspirasi banyak pihak yang memiliki pandangan yang sama,” ujar Budi Arie Setiadi kepada wartawan pada Sabtu, 4 Mei 2024.

Budi menegaskan bahwa penyusunan kabinet adalah hak prerogatif dari presiden terpilih, yaitu Prabowo Subianto. Dia mencontohkan sikap Presiden Joko Widodo yang hanya memberi saran jika diminta, tanpa campur tangan dalam pemilihan.

“Publik atau siapapun boleh mengajukan saran. Walau keputusan tetap menjadi haknya Pak Prabowo,” jelas Budi.

“Jadi tidak benar isu atau hembusan bahwa Pak Jokowi menitipkan nama-nama,” tambahnya.

Sebelumnya, Luhut telah menyampaikan pesannya kepada Prabowo terkait pengelolaan pemerintahan ke depan. Dia menekankan pentingnya untuk tidak menghadirkan orang-orang dengan reputasi buruk atau bermasalah ke dalam kabinet.



Foto: Antara

“Untuk presiden terpilih, saya bilang jangan bawa orang toxic ke ke pemerintahanmu, itu akan sangat merugikan kita,” ujar Luhut dalam acara ‘Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth’ di Jakarta seperti dilansir oleh Antara.

Di sisi lain, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, mengungkapkan bahwa Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, masih dalam tahap perencanaan terkait struktur kabinet di masa pemerintahannya yang akan datang.

Andi menjelaskan bahwa perencanaan tersebut mencakup pembentukan badan penerimaan dan pengeluaran yang independen dari Kementerian Keuangan, serta rencana pemisahan Kementerian Lingkungan Hidup dari Kementerian Kehutanan.

“Jadi memang baru bagaimana struktur kabinet yang akan datang, belum sampai pada tahap siapa saja orang-orang yang akan menempati kursi kabinet,” ungkap Andi.

Partai Demokrat, kata Andi, sedang mempersiapkan kader-kadernya, namun keputusan akhir akan tergantung pada posisi-posisi yang tersedia nanti. Namun demikian, hal tersebut belum dibahas secara detail.

Andi menyatakan bahwa kejelasan mengenai susunan kabinet Prabowo baru akan terungkap mendekati bulan Oktober 2024, menjelang pelantikan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

“Jadinya sekarang masih dalam tahap desain kabinet dan itu waktunya panjang, masih 6 bulan,” katanya.

Bener banget sih kata Opung Luhut, yang toxic mending ke laut aja dah...

Sumber: Link Referensi
koploplondo972
itkgid
itkgid dan koploplondo972 memberi reputasi
2
562
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan