heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Jokowi : Jangan Semua Diserahkan ke Pusat Adalah Kunci Kesuksesan Pembangunan




Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah sebagai kunci utama dalam setiap program pembangunan di Indonesia. (Foto: Antara)

Presiden Joko Widodo baru aja ngingetin pentingnya sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam setiap program pembangunan di Indonesia. Dia ngomong gitu pas lagi ngisi acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta Convention Center.

Jokowi bilang, meskipun udah ada rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah, sampe rencana kerja pemerintah tahunan, tapi yang belum tuh sinkron antara rencana besar dan rencana kerja pemerintah. Misalnya, pas pemerintah pusat bangun bendungan, tapi irigasi ke sawah di daerah gak dilaksanain.

Dia juga nyinggung soal pembangunan infrastruktur yang gak selaras, kayak pelabuhan yang dibangun tanpa jalan menuju situ. Padahal jaraknya cuman sekitar satu sampe lima kilometer.

Tapi, Jokowi juga sebut beberapa pembangunan infrastruktur yang udah dilakuin, kayak jalan tol, jalan nasional, pelabuhan, dan bandara baru.

Dia juga tekankan pentingnya Bappeda buat ngeliat cara ngintegrasikan semua pembangunan itu sama wilayah produktif, kayak pariwisata, perkebunan, pertanian, dan lain-lain. Kalau daerah gak sanggup, dia bilang harus ngasih tau ke pusat.


Jokowi juga minta agar semua kebijakan pembangunan dijalankan secara berkesinambungan, mulai dari pusat sampe daerah. Dia juga ingetin pentingnya diskusi antara kementerian dan pemerintah daerah buat pastiin kesiapan mereka dalam ngelanjutin pembangunan.



trfpjkgbrt2
bayi.kafir
bayi.kafir dan trfpjkgbrt2 memberi reputasi
2
165
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan