banteng.mudaAvatar border
TS
banteng.muda
Respons Prabowo, Politikus PDIP: Siapa Klaim Bung Karno Hanya Milik 1 Partai???


Presiden terpilih Prabowo Subianto menyebut ada pihak yang mengklaim seolah Presiden pertama RI Sukarno atau Bung Karno milik satu partai. PDIP pun mempertanyakan klaim tersebut.

"Siapa yang mengklaim Bung Karno hanya milik satu partai? Bung Karno milik kita semua," kata politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Jumat (10/5/2024).



Hendrawan menekankan Bung Karno merupakan proklamator RI bersama Mohammad Hatta atau Bung Hatta. Hendrawan mengatakan Bung Karno dan pahlawan nasional lainnya ialah milik bangsa.

"Beliau adalah proklamator kemerdekaan, bersama Bung Hatta. BK dan para pahlawan bangsa lainnya adalah milik bangsa Indonesia, dan bahkan pemikirannya menginspirasi perjuangan bangsa-bangsa di berbagai belahan bumi," ujar dia.



Hendrawan kemudian menjelaskan hubungan historis antara Bung Karno dan PDIP. Menurutnya, kaitan Bung Karno dan PDIP atas panggilan sejarah, alih-alih kesan klaim eksklusif.

"Bung Karno mendirikan PNI 1927, yang merupakan cikal bakal PDI, selanjutnya PDIP. Jika kami selalu berpegang pada ajaran-ajaran Bung Karno, dan menekankan pemikiran Soekarnoisme, itu karena panggilan sejarah, bukan karena klaim eksklusif terhadap Bung Karno," ujar Hendrawan.




Lebih lanjut Hendrawan mengapresiasi pernyataan Prabowo yang memperjuangkan apa yang menjadi cita-cita dari Bung Karno. Dia pun menilai Prabowo memiliki kesamaan ideologi dengan Bung Karno.

"Terkait pernyataan Pak Prabowo yang terus memperjuangkan keberdikarian ekonomi, kami juga memberi apresiasi. Tinggal bagaimana pelaksanaannya nanti. Wawancara saya pada 3 April 2024 secara jelas menyebutkan, membaca buku-buku yang ditulis Pak Prabowo, saya menyebut banyak kesamaan dengan ideologi dan strategi Trisaksi Bung Karno," kata Hendrawan.

Prabowo sebelumnya mengungkapkan merasa didukung oleh para presiden terdahulu sebagai presiden RI yang selanjutnya. Dia kemudian menyinggung adanya partai yang mengaku memiliki Bung Karno.

"Yang meng-endorse dan mendukung saya, pertama tentunya, udahlah nggak usah malu-malu, Presiden Jokowi, ya kan? Apalagi. Wajar itu, kenapa? Saya juga nggak pernah sembunyi, saya dulu lawan Pak Jokowi, tapi sekarang saya bagian dari tim Jokowi dan saya didukung Jokowi, mau apa saudara-saudara sekalian? Bener nggak? Nggak usah basa-basi lah," kata Prabowo dalam sambutannya di acara Rakornas PAN di Jakarta, Kamis (9/5).

"Tapi saya juga didukung oleh Presiden keenam Pak SBY, itu juga terang-terangan kan. Dan saya merasa saya juga didukung oleh Presiden Gus Dur. Kan beliau endorse aku terus menerus, ya kan. Jadi beliau dukung saya dari langit, aku yakin beliau di belakang saya. Saya kira mungkin Pak Harto dukung saya juga kira-kira," lanjutnya.

Prabowo kemudian menyinggung ada yang mengatakan Bung Karno milik satu partai. Prabowo menegaskan Bung Karno milik rakyat Indonesia.

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu, bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak. Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.




Respons Prabowo, Politikus PDIP: Siapa Klaim Bung Karno Hanya Milik 1 Partai? (detik.com)


Siapa itu yang klaimemoticon-Marah


Diubah oleh banteng.muda 10-05-2024 07:08
powerostins1527
heywhyu595331
dragunov762mm
dragunov762mm dan 2 lainnya memberi reputasi
3
461
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan