Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

penggugatmkAvatar border
TS
penggugatmk
Butet Ungkap Makna Patung Kurus Hidung Panjang yang Dilihat Megawati
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri Pameran Seni Rupa Butet Kartaredjasa 'Melik Nggendong Lali' di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Butet mengungkap makna patung kurus hidung panjang yang dilihat oleh Megawati.

"Saya bebaskan untuk ditafsir. Arti patung ini simbol kepalsuan dan kemunafikan," ujar Butet saat dihubungi oleh detikcom, Senin (13/5/2024).
Baca juga:
Hasto Sebut Ada 8 Nama Besar Cagub Jakarta: Sudah di Kantong Bu Megawati

Butet menyebut patung tersebut bebas ditafsirkan oleh pengunjung. Menurutnya, seni itu multitafsir.

"Saya tidak ingin mendikte orang yang ngelihat. Bebas," kata Butet.

Secara khusus Butet menjelaskan perlu waktu 4 tahun untuk mempersiapkan Pameran Seni Malik Nggendong Lali. Menurutnya, ini cara seorang seniman mengekspresikan diri.

"Tidak semua seniman bernasib baik seperti saya. Saya berimpresikan saat ini bisa dikunjungi oleh seorang presiden, presiden kelima," ucap Butet.

Lanjutnya, seorang seniman tidak terbatas pada teritori. Tidak ada batasnya karena seniman adalah orang kreatif yang bisa melewati batasnya.

"Ini merupakan sebuah kemewahan dan kehormatan. Saya merasa ini apresiasi atas apa yang saya kerjakan dan tidak sia-sia yang saya kerjakan," ujar Butet.
Baca juga:
Hasto Pastikan Megawati Sudah Baca Ide Prabowo soal Presidential Club




Pada pameran ini, Butet Kartaredjasa mengajak Asmudjo J. Irianto sebagai kurator. Pameran Melik Nggendong Lali akan membawa pengunjung untuk menyelam spiritualitas dan realitas sosial politik lewat karya.

Karya-karya ini diawali oleh laku spiritual Butet Kartaredjasa dengan ritual penulisan nama berulang-ulang pada secarik kertas. Tujuannya memicu energi semesta Butet agar mendapatkan kenaikan dan keberuntungan dalam hidupnya.

Pameran ini menunjukkan keterampilan dan kekuatan dalam mengubah esoteris menjadi eksoteris. Aspek pencerahan spiritual yang personal diperpanjang menjadi karya seni dalam dimensi yang terbuka dan diperluas menyangkut dimensi sosial-politik.

Baca artikel detiknews, "Butet Ungkap Makna Patung Kurus Hidung Panjang yang Dilihat Megawati" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-7338...ihat-megawati.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
simsol...
aldonistic
lucretiya
lucretiya dan 3 lainnya memberi reputasi
4
832
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan