Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Sukoharjo Gencar Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha Karna Kasus PMK


Tim Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo terus memeriksa hewan kurban selama 10 hari untuk antisipasi penyakit mulut dan kuku. (

Tim Kesehatan Hewan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo lagi on fire nih, mereka lagi sibuk-sibuknya periksa dan obatin hewan kurban. Mereka ngelakuin pemeriksaan selama 10 hari sejak Senin (13/5) karena lagi ada kasus penyakit kuku dan mulut pada hewan di Boyolali dan Wonogiri.

Bagas Windaryatno, bosnya Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, bilang mereka lagi berusaha keras untuk jaga-jaga dan siapin kesehatan hewan kurban.

“Selama ini, para peternak responnya bagus-bagus. Buat pengobatan, kita kasih obat cacing. Soalnya, pas Idul Adha kemaren, sering banget temuan cacing di hati,” katanya, Selasa kemaren.

Selain tim kesehatan hewan dari dinas, mereka juga ngajak dokter hewan swasta buat bantu-bantu. Bahkan para komunitas peternak di Kota Makmur juga ikutan ngeramein.

Bagas nambahin lagi, kegiatan ini buat ngasih antisipasi biar penyakit mulut dan kuku (PMK) nggak muncul lagi.



Dia bilang, belakangan ini kasus penyakit mulut dan kuku kembali marak di Solo Raya. Udah ada puluhan sapi di Boyolali dan belasan sapi di Wonogiri yang kena PMK dari Jawa Timur. Kalo nggak tau, PMK itu penyakit hewan yang super gampang nular. 



Penyakit ini bisa nyerang semua hewan yang berkuku belah/genap, kayak sapi, kerbau, babi, kambing, domba, sampe hewan liar kayak gajah, rusa.


0
21
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan