Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shinichiiikudooAvatar border
TS
shinichiiikudoo
Pemahaman Cara Kerja Social Media Analytic Tools untuk Pemula
Sosial media apa yang paling sering Anda gunakan setiap harinya? Fungsi sosial media kini tak lagi sebagai media komunikasi dan berbagi dengan orang lain saja, tapi juga menjadi penunjang penting dalam menjalankan bisnis.

Hampir semua orang di dunia ini memiliki akun dan aktif menggunakan sosial media. Mereka mendapat ruang untuk menyalurkan minat dan bakat, bertemu orang lain dengan hobi sejenis, hingga membangun komunitas bersama. 

Secara tidak langsung, sosial media seperti memetakan pola kehidupan orang-orang masa kini lengkap dengan segala dinamikanya.

Anda yang saat ini sedang mengembangkan bisnis, social media analytics sangat penting dilakukan. Menganalisa isu hangat dan arus pembicaraan di sosial media menjadi kunci kesuksesan strategi marketing.

Anda sama dengan melakukan social analytics, memantau interaksi sosial orang-orang di suatu wilayah tertentu untuk menemukan pola. Melalui pantauan ini, Anda bisa melihat kondisi kebutuhan pasar, bagaimana brand Anda sejauh ini dibicarakan oleh masyarakat, lalu mengolah data yang ada untuk menentukan sikap berikutnya.

Mari memahami lebih dalam trik jitu menggunakan sosial media sebagai penunjang kemajuan bisnis Anda.

Social media analytics dikerjakan oleh pakar di bidangnya

Analisis sosial media adalah kombinasi dua bidang ilmu, sosiologi dan ilmu komputer. Cara kerjanya mengikuti prosedur baku untuk memetakan pola para pengguna. Ada tiga tahapan penting dalam social media analytics yaitu identifikasi data, analisis data, lalu dilanjutkan dengan interpretasi informasi.

Anda tidak perlu melakukan analisis sendiri. Anda bisa menggunakan social media analytic tools yang disediakan perusahaan jasa. 

Social media analytics tools adalah suatu program yang akan menganalisa pergerakan di akun sosial media Anda, baik akun pribadi maupun bisnis. 

Jadi tools ini tidak hanya diperuntukkan untuk perusahaan atau badan usaha, tapi bisa juga digunakan oleh perseorangan yang ingin menggunakan sosial media untuk ‘menjual’ karya pribadinya.


Salah satu Social Media Analytics Tools di Indonesia yang sudah berpengalaman selama 8 tahun dan dipercaya oleh brand besar seperti Nolimit.id.

Social media analytics bekerja secara spesifik
Dari tiga tahapan analisis sosial media, identifikasi data adalah tahapan paling rumit. Data pengguna sosial media dipetakan berdasarkan banyak kategori sesuai yang Anda inginkan seperti bahasa, wilayah, waktu unggahan, jenis konten, hingga rentang usia dan jenis kelamin.

Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menjadi pola-pola tertentu. Misalnya pola waktu unggahan, tolok ukurnya adalah pada pukul berapa saja pengguna ramai mengakses Instagram. Di waktu-waktu ramai tersebut, Anda disarankan lebih sering mengunggah konten.

Begitu juga jenis konten, ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk media publikasi. Hasil analisis data akan memetakan seberapa tinggi minat para pengguna Facebook misalnya terhadap konten foto dan video.

Data hasil social analytics diterjemahkan sebagai pola-pola

Setelah identifikasi dan analisis, barulah data diinterpretasikan atau diterjemahkan ke dalam bentuk-bentuk pola. Pola ini bisa menggabungkan dua atau lebih kategori untuk memetakan kondisi audiens yang ingin Anda tuju, sehingga hasilnya lebih akurat dan kaya informasi.

Misalnya penggabungan kategori jenis kelamin, jenis konten dan waktu unggah. Anda bisa mendapat data pengguna Instagram berjenis kelamin wanita lebih suka mengakses konten berupa video tutorial antara jam 4-6 sore, bertepatan dengan jam pulang kerja. Pola ini bisa digunakan sebagai pertimbangan materi pemasaran, apalagi jika bisnis Anda menyasar target utama konsumen wanita.

Anda bisa mendapatkan pola sesuai kehendak, memilih sendiri kategori apa saja yang akan dijadikan parameter pengamatan. Tinggal disesuaikan dengan jenis brand, bidang usaha dan target konsumen yang Anda tuju.

Rekomendasi social media analytics tools populer untuk Anda

Jika Anda tertarik menggunakan social media analytics tools, Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis sosial media apa yang akan digunakan sebagai alat pemasaran.

Beberapa tools populer sudah dikategorikan secara spesifik, ada yang berdasarkan jenis sosial media dan ada juga yang menyesuaikan kategori identifikasi data.

Contoh analytic tools yang banyak dipilih adalah SproutSocial, Snaplytics dan Iconosquare. Ketiga tools ini memiliki scoop yang berbeda-beda. 

Snaplytics mengarah ke Snapgram dan Instagram, sementara Iconosquare khusus menganalisa Instagram saja. SproutSocial yang relatif lengkap, termasuk menganalisa Facebook, Twitter, Instagram, Google+, hingga Linkedin.

Sedangkan salah satu social media analytics asli buatan dalam negeri yang direkomendasikan adalah Nolimit Dashboard yang akan membantu Anda menganalisa percakapan di sosial media lengkap dengan laporan analisanya.

Menariknya lagi NoLImit Dashboard tidak hanya untuk perusahaan besar tapi juga menyasar UKM dengan produk NoLimit Dashboard versi Lite yang akan membantu para pelaku usaha digital menganalisa sejauh mana brand mereka dibicarakan di sosial media.

Kembali ke kebutuhan Anda, sudahkah menentukan strategi berbisnis dengan sosial media?
0
2.3K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan