Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ini Jawabannya, Kenapa Isi Angin Ban Harus Pas Dan Waktu yg Tepat Isi Angin


Tidak ada satupun kendaraan tidak memiliki ban, benda bulat terbuat dari bahan karet setengah jadi (tyre rubber) keberadaannya sangat penting untuk menunjang pergerakan kendaraan sesuai arah tujuan dari titik A ke titik B.

Fungsi utama ban untuk menyangga beban kendaraan (sasis dll, penumpang, barang bawaan), menyerap guncangan di jalan, meneruskan traksi dan gaya pengereman, menghemat bahan bakar dan untuk merubah serta mengarahkan laju kendaraan membuat ban menjadi salah satu bagian inti dari sebuah kendaraan.

Supaya ban jenis pneumatik tetap berfungsi dan bekerja dengan baik maka dibutuhkan angin yang mengisi rongga ban yang bertujuan untuk mencegah korosi pada velg ban, menjaga umur pakai karet ban, laju kendaraan jadi lebih ringan.



Nah, berbicara angin ban kenapa setiap tipe kendaraan tidak selalu sama masih banyak yang belum menyadarinya seperti teman saya menganggap kalau misalkan ada motor sama-sama merek Yamahal atau mobil sama-sama merk Atoyot tekanan anginnya sama saja, padahal ini tidak tepat.



Berdasarkan pengamatan saya jika melihat stiker petunjuk tekanan angin Psi di tipe kendaraan yang biasanya menempel di area deck motor atau pilar panel pintu dekat kursi pengemudi mobil jelas tertulis disana berapa tekanan angin yang disarankan.

Jadi bisa disimpulkan kenapa tekanan angin ban tidak selalu sama disetiap tipe kendaraan karena dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya:
Bobot kendaraan atau berat kendaraan tidak selalu sama, distribusi bobot kendaraan tidak selalu sama, setup atau pengaturan pada suspensi kendaraan tidak selalu sama, ini yang menjadi alasan kenapa terjadi perbedaan tekanan angin ban dimaksudkan.



Informasi yang tidak kalah menarik yang saya baca disebuah laman otomotif adalah waktu yang tepat mengisi angin ban adalah disaat ban dalam kondisi dingin, bukan sehabis akselerasi instan atau dalam perjalanan jauh karena jika ban diisi atau ditambahi angin dalam kondisi ban panas biasanya volume angin yang diperlukan jadi tidak akurat.

Karet ban dalam kondisi panas biasanya akan memuai, tekanan angin pun akan berubah naik antara 3-4 Psi dari yang seharusnya dibutuhkan (sesuai yang direkomendasikan pabrikan) akibatnya ketika ban sudah dalam kondisi normal atau dingin maka tekanan angin akan melebihi tekanan yang semestinya dibutuhkan, laju kendaraan jadi kurang nyaman dan bahaya ban bisa saja meletus.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp| img : gugel 


Diubah oleh iskrim 22-08-2023 09:05
jireshAvatar border
screamo37Avatar border
babelapakAvatar border
babelapak dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.3K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan